Senin, 25 Mei 2009

Motivasi dalam pengembangan diri

Motivasi adalah daya pendorong dari keinginan kita agar terwujud. Energi pendorong dari dalam agar apapun yang kita inginkan dapat terwujud. Motivasi erat sekali hubungannya dengan keinginan dan ambisi, bila salah satunya tidak ada, motivasi pun tdak akan timbul.
Banyak dari kita yang mempunyai keinginan dan ambisi besar, tapi kurang mempunyai inisiatif dan kemauan untuk mengambil langkah untuk mencapainya. Ini menunjukkan kurangnya enrgi pendorong dari dalam diri kita sendiri atau kurang motivasi.
Motivasi akan menguatkan ambisi, meningkatakan inisiatif dan akan membantu dalam mengarahkan energi kita untuk mencapai apa yang kita inginkan. Dengan motivasi yang benar kita akan semakin mendekati keinginan kita.
Biasanya motivasi akan besar, bila orang tersebut mempunyai visi jelas dari apa yang diinginkan. Ia mempunyai gambaran mental yang jelas dari kondisi yang diinginkan dan mempunyai keinginan besar untuk mencapainya. Motivasilah yang akan membuat dirinya melangkah maju dan mengambil langkah selanjutnya untuk merealisasikan apa yang diinginkannya.
Lakukan apapun dalam pengembangan diri anda dengan motivasi, baik itu karir, hubungan, spiritual, pekerjaan, menulis, memasak, membeli rumah, mendapatkan pacar, mengajar anak atau apapun. Motivasi ini akan ada, bila ada visi yang jelas dari apa yang anda akan lakukan, mengetahui apa yang akan anda lakukan dan percaya akan kekuatan yang ada pada anda sendiri. Ia akan merupakan kunci sukses dari apapun yang anda lakukan.
Dalam kehidupan kita, kita sering meniatkan untuk melakukan pengembangan atau merubah kondisi yang kita miliki, tapi sering tidak dilakukan dan berhenti hanya sebagai niat saja. Kenapa berhenti? Itu terjadi karena kurangnya motivasi, entusiasme, keinginan, determinasi, kemauan dan disiplin.
Cobalah setelah membaca tulisan ini untuk benar-benar mengembangkan atau merubah kondisi yang tidak sesuai yang ada dalam diri anda, anda pasti bisa. Lakukanlah langkah-langkah sebagai berikut:
1. Cari tempat dimana anda tidak terganggu dan luangkan waktu anda untuk hal penting ini. Konsentrasi dan berikan waktu ini hanya untuk mulai meningkatan diri anda sendiri.
2. Tentukan apa yang anda ingin kembangkan atau rubah. Buat sebuah daftar catatan yang rinci pada sebuah kertas apa saja yang anda inginkan untuk berubah. Kemudian lihat dan pelajari serta analisa semua yang telah anda tulis, dan tentukan mana saja yang benar-benar anda perlukan dan mana yang tidak perlu saat ini. Mungkin banyak yangakan anda coret dari daftar itu.
3. Buat pada kertas yang lain, benda apa saja yang anda inginkan. Buat dengan urutan paling penting yang anda butuhkan saat ini.
4. Pikirkan sebuah rencana untuk mewujudkan semua itu. Gunakan semua kekuatan pikiran, intuisi, imaginasi dan kreatifitas yang anda miliki untuk menyusun rencana ini.
5. Visualisasi apa saja pengembangan yang anda inginkan. Visualisasi dengan jelas. Buat gambaran itu menjadi sangat jelas. Dan itu yang akan anda pikirkan terus, dan menjadi afirmasi anda.
6. Setelah itu, mulailah dengan apapun yang anda bisa lakukan saat ini. Bisa terus membaca artikel-artikel lain di situs ini, atau artikel lain di net, bisa melihat kembali buku, catatan, cd, atau apa saja yang selama ini anda telah miliki. Yang bisa meningkatkan antusiasme dan motivasi anda. Dan tambahkan dengan mencari seminar atau workshop yang dapat membantu anda dalam pengembangan diri.
7. Pelihara terus motivasi, keinginan dan antusiasme anda, dengan memikirkan bagaimana anda ingin kehidupan anda yang sebenarnya. Dan apa saja keuntungan yang anda akan peroleh dari kehidupan itu.
8. Ulangi terus afirmasi. Ini akan menginput terus ke subconscious mind anda mengenai cita-cita dan keinginan anda.
9. Jangan membiarkan apapun untuk menjadi penghalang dari cita-cita atau keinginan anda. Tingkatkan determinasi anda, bahwa anda akan bisa mengubah diri anda, sesuai dengan apa yang telah anda rencanakan, berapapun usaha dan waktu yang dibutuhkan.
10. Terbukalah untuk perubahan-perubahan. Jangan hanya dalam perkataan saja tapi harus juga dalam tindakan sehari-hari. Ambil kesempatan, berani untuk melakukan sesuatu yang menurut kebiasaan dan habit anda adalah ekstrim.
11. Tingkatkan kemauan dan disiplin anda. Percayalah pada diri anda sendiri. Anda sangat berkuasa dalam pengembangan diri anda sendiri.
12. Aksi…lakukan aksi dan ikuti terus aksi anda dengan terus mengobservasi apakah sesuai dengan rencana yang telah anda susun, jaga terus motivasi dan antusiasme.
Mungkin akan perlu waktu untuk terlihat adanya sebuah perubahan, tapi akan banyak manfaat yang akan anda peroleh, dan bukankah lebih baik melakukan, walaupun sedikit saja, daripada hanya berkeinginan terus, tanpa aksi……
Selamat meningkatkan motivasi anda…………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar