Senin, 25 Mei 2009

Menjadi Guru Efektif Untuk Mencapai Sukses Pendidikan

Seminar dengan pembicara Bp. Prof. DR. H. Arief Rachman, M.Pd Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Dosen Universitas Negeri Jakarta, mengenai paradigma pengelolaan pendidikan, berlangsung pada hari Sabtu 30 Agustus 2008 dengan singkat dan padat. Seminar yang diperuntukan Guru dan Karyawan SMPN 1 ini menjelaskan perubahan paradigma: Sekolah menjadi Pembelajaran, Keahlian menjadi Kemampuan, dan Kurikulum Baku menjadi Kurikulum yang Flexibel.
Pemahaman mengenai sukses pendidikan menurut Prof. DR. H. Arief Rachman, M.Pd sederhana saja, siswa yang lulus atau siswa yang jujur. seperti Ibu Guru diminta memilih suami yang kaya atau yang jujur, dan Ibu Guru memilih keduanya berarti Ibu Guru belum bisa memilih kata Pak Arief yang disampaikan dengan menarik dan mengundang tawa.
Pendidikan yang sukses adalah pendidikan yang mampu mengantarkan anak menjadi :Bertaqwa, Berkepribadian Matang, Berilmu mutakhir dan berprestasi, Mempunyai rasa kebangsaan serta Berwawasan Global.
Yang diharapkan kini adalah guru yang berorientasi pada siswa, guru yang dinamis dan demokratik dan sudah saatnya perubahan pembelajaran bukan lagi menguasai ilmu tapi menjadi menemukan ilmu, dari teacher centered menjadi pupil centered, pertanyaan apa, siapa, dimana dan bagaimana menjadi 'Bagaimana kalau..', dari menghafal, mengetahui dan mengerti menjadi kreatif, inovatif dan Imaginatif, evaluasi belajar dari benar salah, pilihan ganda menjadi kemungkinan jawaban bervariasi dan essay.
semua itu memberikan dampak pendekatan kurikulum pembelajaran. Kata Pak Arief ciri-ciri kreatifitas diantaranya berwajah cerah dan dinamis dalam berfikir, memiliki minat yang luas, pertanyaan yang berbobot, selalu ingin mendapat penjelasan yang berdasarkan ilmiah serta tidak terbatas pada tembok status.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar